Minggu, 15 Januari 2017

Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek dan Motor Sport



Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek dan Motor Sport


Dengan banyaknya jenis motor saat ini, mungkin banyak dari anda yang bingung memilih motor untuk aktifitas sehari hari.
Di artikel ini kita akan coba membantu anda memilih dengan membagi motor menjadi 3 kategori dasar yaitu motor bebek, motor matic dan motor sport (kami mengkategorikan motor menjadi tiga kategori ini untuk membantu anda memilih).

1.      1. Perbedaan Pada Bodi
Perbedaan mendasar yang terdapat pada ketiga jenis motor di atas sebenarnya lebih terletak pada bodi dan transmisinya. Seperti yang Anda ketahui, motor matic memiliki desain bodi yang lebih kecil (pendek) dan ringan dari kedua jenis motor lainnya, disusul dengan motor bebek, dan motor sport yang umumnya memiliki bodi yang lebih besar dan berat.

2.     2. Berat bodi yang ringan ini membuat kaum perempuan lebih memilih motor matic sebagai pilihan dibanding motor lainnya. Lain halnya dengan kaum pria yang banyak menyukai motor sport karena bentuknya yang lebih kekar dan macho.

3.      3. Perbedaan Pada Posisi Tangki Bensin
Posisi tangki bensin pada motor sport berbeda dengan kedua jenis motor lainnya. Jika pada motor matic dan motor bebek tangki bensinnya berada di bawah jok pengendara, tangki bensin pada motor sport lebih terlihat menonjol di bagian depan jok.

4.      4. Perbedaan Pada Transmisi
Perbedaan lainnya terletak dari segi transmisinya. Jika pada motor bebek dan motor sport Anda masih menggunakan transmisi manual untuk mengoper “gigi” atau gear, pada motor matic semua transmisinya diproses secara otomatis. Anda cukup menarik tuas gas dan tuas rem untuk menjalankan motor matic Anda.

Jika dilihat dari tipe transmisi yang digunakan, motor matic cenderung memudahkan Anda dalam berkendara. Sistem penggerak roda yang berjalan secara otomatis atau biasa disebut dengan Continuously Variable Transmission (CVT) akan menyebabkan perpindahan gear tanpa perlu dipicu secara manual.

Hasilnya, Anda cukup menarik tuas gas secara berkala dan motor matic Anda yang mengatur tenaga mesin yang akan dihasilkan. Berbeda dengan motor matic, motor bebek memiliki tipe transmisi manual yang mengharuskan Anda untuk mengatur perpindahan gear ketika ingin menambah atau mengurangi tenaga mesin motor.

Lain halnya lagi dengan motor sport yang umumnya dilengkapi dengan tuas kopling di samping menggunakan transmisi manual. Kopling ini nantinya akan memberikan kebebasan pada Anda untuk mengatur perpindahan gear secara lebih halus daripada hanya mengandalkan sistem perpindahan gear yang terdapat pada motor bebek.
 
5.      5. Perbedaan Pada Pengereman
Hal lain yang menjadi pembeda antara motor matic dengan kedua jenis motor lainnya adalah keberadaan rem mesin. Hal ini akan terasa apabila motor Anda berada di jalanan yang menurun. Motor matic akan terasa seperti meluncur karena rem yang digunakan hanya berupa rem manual yang melekat pada ban.

Pada motor bebek dan motor sport, proses pengereman akan terasa lebih ringan dan efektif karena dibantu dengan adanya rem mesin.
 
6.      6. Perbedaan Pada Biaya Perawatan
Untuk biaya perawatannya, motor sport masih relatif menempati peringkat pertama untuk biaya spare part termahal disusul oleh motor matic yang memiliki komposisi mesin yang lebih tertutup bila dibandingkan dengan motor bebek.

Apabila terjadi kerusakan, motor matic akan lebih sulit untuk dideteksi dan tentunya biaya perawatan dan perbaikannya akan lebih mahal daripada motor bebek.

Selain itu, Durabilitas (ketahanan) motor matic pasca perbaikan cenderung lebih pendek daripada motor bebek, sehingga efek samping dari perbaikan motor akan cepat terasa pada motor matic dibanding motor bebek.
 
7.      7. Perbedaan Pada Konsumsi BBM
Beralih ke konsumsi bahan bakar dari tiap jenis motor di atas; motor bebek masih yang terbaik dari segi efisiensi bahan bakar.

Sebagai contoh, Honda Vario Techno 125 dengan mesin berkapasitas 125 cc (matic) dapat menempuh jarak hingga 52,1 km untuk setiap liter bensin yang digunakan. 

Honda Supra X 125 PGM-FI 125 cc (bebek) dapat menempuh jarak hingga 86 km, sedangkan Honda New Mega Pro 150 cc (sport) dapat menempuh jarak hingga 56.1 km. 

Sekilas memang terbukti bahwa motor bebek lebih hemat BBM. Motor matic akan terlihat sangat boros terutama ketika digunakan pada jalan yang menanjak karena perputaran gear yang terjadi berlangsung secara otomatis, jadi akan terkesan seperti menarik mesin secara paksa. 

Beda halnya dengan motor bebek yang apabila tarikan mesinnya terasa berkurang, Anda dapat mentransmisi gear motor Anda ke posisi yang lebih rendah. Hal ini akan menjaga perputaran gear tetap lancar tanpa harus memaksakan tarikan mesin motor Anda. Sedangkan pada motor sport, meskipun sudah dibantu dengan transmisi dan kopling manual, bodi motor yang cenderung lebih besar dan berat pada akhirnya juga akan menguras konsumsi bahan bakar.
 
8.      8. Perbedaan Pada Harga
Dari segi harga, dapat Anda lihat bahwa motor bebek masih menjadi pilihan dengan harga yang lebih murah dari kedua jenis motor lainnya, disusul dengan motor matic dan motor sport. Namun, hal ini juga masih bisa dikatakan relatif karena motor bebek masih dapat dibagi menjadi dua jenis:
Bebek Konvensional (Lower Underbone) yakni kelas motor bebek yang hanya digunakan untuk kebutuhan transportasi saja. Contoh motor Honda tipe ini adalah Honda Revo FI.
·         Bebek Super (Hyper Underbone) yakni kelas motor bebek dengan tambahan fitur atau teknologi lain yang menunjang performanya. Contoh motor Honda tipe ini adalah Honda Supra X.

Umumnya motor bebek berjenis Hyper Underbone memiliki harga yang lebih mahal dari motor bebek konvensional. Wajar saja apabila pemasaran motor dengan kelas Lower Underbone masih menjadi pilihan utama pengguna sepeda motor di Indonesia, meskipun saat ini sudah ada beberapa pengguna yang lebih mengutamakan desain dan performa dari motor bebek Hyper Underbone.


Berikut adalah tabel perbedaan dasar dari motor bebek, motor matic dan motor sport.
Aspek
Motor Bebek
Motor Matik
Motor Sport
Bodi
Standar
Lebih ringan
Lebih berat
Tangki bensin
Dibawah
Dibawah
Didepan
Harga
Rp. 12 – 17 juta
Rp. 13 juta keatas
Rp. 19 juta keatas
Transmisi
Manual
Otomatis
Manual
Kopling manual
Ada
Tidak ada
Ada
Rem mesin
Ada
Tidak ada
Ada
Konsumsi BBM
Lebih hemat
Lebih boros
Paling boros
Biaya perawatan
Lebih murah
Lebih mahal
Paling mahal


Nama: Jamaludin
NPM: 25414589
Kelas: 3IC08
Tugas Sofskill: Revisi Tugas 1 minggu 4 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar