Senin, 27 Oktober 2014

TUGAS softskill Ilmu Sosial Dasar# 1 _UG. Analisis proses sosial dilingkungan saya



ANALISIS PROSES SOSIAL DILINGKUNGAN SAYA

Assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatu……

            Sebelum saya menerangkan bagaimana proses sosial dilingkungan saya, saya akan menjelaskan pengertian dari Ilmu Sosial Dasar yang menjadi mata pelajaran sofskill di universitas Gunadarma.
Berikut pengertian dari Ilmu Sosial dasar atau yang sering disebut dengan ISD :
Ilmu Sosial Dasar atau disingkat dengan ISD adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan masalah – masalah sosial yang muncul dan berkembang, khususnya yang diperankan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Pengetahuan yang menjelaskan masalah-masalah sosial, khususnya masalah – masalah yang sering diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori – teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu social.

Berikut saya akan menjelaskan bagaimana pentingnya hidup bersosial dikalangan keluarga, teman, dan bermasyarakat :

Kebutuhan hidup manusia tidak mungkin dapat dipenuhi sendiri oleh orang yang membutuhkannya. Coba perhatikan kondisi keluarga anda. Di antara anggota keluarga terdapat suatu pembagian kerja. Seperti, Ayah bertugas mencari nafkah secara halal. Ibu mengelola rumah tangga agar kebutuhan keluarga lancar dsb. Saya dan saudara-saudara saya yang lain juga mempunyai andil dalam anggota keluarga itu sendiri.
Keluarga merupakan satuan(unit) sosial terkecil yang terdiri atas suami, istri, dan anak. Ketiga unsur tersebut dipersatukan oleh ikatan perkawinan, darah, atau adopsi yang membentuk satu rumah tangga. Setiap anggota keluarga berinteraksi sesuai dengan perannya masing-masing. Keluarga dapat di jumpai dalam masyarakat apapun. Di dalam keluarga, manusia melakukan proses sosialisasi sejak dini, bahkan sejak individu masih berada dalam kandungan. Proses pendidikan sudah dapat dijalankan. Pendidikan dalam keluarga merupakan proses yang utama bagi seorang anak untuk dapat memasuki proses sosialisasi pada tahap berikutnya seperti sekolah, organisasi, masyarakat, komunitas, dan banyak hal lainnya. Untuk itu keluarga mempunyai tugas yang mutlak dalam mendidik anak. Ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa tugas mendidik anak adalah tugas sekolah, hal ini kurang tepat. Karena sekolah hanyalah merupakan sebagian dari tempat proses pendidikan sosial.
ilmu sosial dan pengetahuan yang harus dimiliki warga Negara dan masyarakat untuk selalu menghadapi realita  sosial yang di tujukan oleh perilaku mahluk sosial , dan mengetahui sebagian prinsip prinsip dan proses tingkah laku tiap individu. sebuah keadaan dimana tiap individu mempunyai jiwa sosialitas yang berbeda – beda antar mahluk sosial yang lain. Dan manusia juga sangat membutuhkan Ilmu Pengetauan atau Penididikan. Berbagai Ilmu Pengetahuan sangat menunjang kebutuhan hidup Manusia. Tapi, pemberdayaan ilmu terhadap masyarakat harus diibangi dengan sikap dan perilaku manusia yang bertanggung jawab. Untuk itulah Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu yang diharapkan dapat mengendalikan sisi positif manusia untuk menggunakan Ilmu Pengetahuan.


………………………-…………………………………-……………………………………-……………………………-………………..
            Analisis proses social dilingkungan disekitar rumah 

            Dalam berkehidupan bermasyarakat sangatlah sering kita jumpai yang melakukan proses sosialisasi, bukan hanya dilingkungan rumah tangga, lingkungan sekolah, lingkungan kampus, tetapi dilingkungan rumah lah atau dilingkungan masyarakat sangat sering kita jumpai proses social, begitu juga dilingkungan sekitar rumah saya yang pasti sering di jumpai proses social. Banyak anak-anak kecil, anak remaja, bahkan para orang tua pun ikut serta berperan dalam social. Terutama didipan rumah saya yang banyak para anak-anak kecil bermain bersama teman-temannya, dan orangtuanya yang sedang menjagai anak-anaknya yang sedang bermain pun juga pada berkumpul bersama orangtua yang sedang menjagai anaknya juga yang sedang bermain. Dan banyak juga para anak-anak remaja yang sering berkumpul, biasanya anak remaja berkumpul selalu melakukan bermain gitar, bernyanyi, dan sering juga pada begadang, apalagi kalau malam minggu, pasti saja anak remaja selalu berkumpul, dan berkumpulnya itu semakin banyak anak remajanya, karena banyak anak remaja dari luar yang berkumpul disini.
            Di daerah saya di wilayah Cipinang Muara 3, juga ada kegiatan remaja yang sering kita dengar dengan sebutan Karang Taruna. Karang taruna didaerah sini sering melakukan bakti social, saling membantu para anggota Karang Taruna yang terkena musibah, dan juga sering membantu masyarakat disini yang sedang kesusahan. Setiap minggu pagi selalu melakukan gotong royong melakukan kerja bakti membersihkan gorong-gorong disekitar wilayah sini.
            Dan ada juga didaerah sini melakukan kegiatan social dibidang agama, seperti pengajian anak-anak, pengajian ibu-ibu, pengajian remaja, pengajian bapak-bapak. Dan Alhamdulillah diwilayah saya masyarakatnya pada hidup harmonis, tidak hidup nafsi-nafsi, selalu membantu tetangganya yang sedang melakukan kesusahan. Dan sering juga melakukan bakti social ke lingkungan wilayah lain.
Demikian analisis yang saya lakukan untuk memenuhi tugas softskill yang diberikan dari dosen. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata, ataupun kesalahan mengetik.

Waassalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatu….. J

Tugas 1 ISD 1IC10
Nama : Jamaludin
NPM : 25414589
Kelas : 1IC10
UNIVERSITAS GUNADARMA
Kampus J1 Kalimalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar