Minggu, 28 September 2014

laporan PKL (prakerin) SMK otomotif - *PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA - SMK KEMALA BHAYANGKARI 1 JAKARTA



LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA
Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir Tahun Ajaran 2012/2013
Description: C:\Users\soplo\Downloads\Untitled.png
DISUSUN OLEH :

NAMA              : JAMALUDIN
NO.INDUK       : 13736
KELAS             : XI. TO.1
PERIODE         : 01 NOVEMBER – 31 DESEMBER 2012

YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI
PENGURUS CABANG BS BARESKRIM
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KEMALA BHAYANGKARI 1
                                                           JAKARTA                           
STATUS : AKREDITASI “A”
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
ISO 9001 : 2008
Jl. Raya Bekasi Timur, Cipinang, Jakarta Timur 13240, Telp. (021) 4753578
E-Mail : smk kb1@plasa.com






 
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Telah diperiksa dan disetujui pada tanggal.........................................



   BIDANG HUBIN                                                                                    WALI KELAS


 ( Harno, S.Pd, MM )                                                                            ( Mastur Apriyanto,S.Pd )


Mengetahui
Kepala SMK Kemala Bhayangkari 1




Drs. H. Bambang Suprijanto, MM
NIP. 19520805 198602-1 001




ii





LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN

Telah diperiksa dan disetujui pada tanggal.......................



      KOORDINATOR                                                                                    PEMBIMBING
      PSG/PRAKERIN                                                                                   PSG/PRAKERIN


     ( Herdi Irmansyah )                                                                                 ( Lambok Sianipar )


Pimpinan Perusahaan
PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA




( .............................................................. )




iii





KATA PENGANTAR
             
              Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya, serta bimbingan yang diberikan sehingga penulis dapat membuat laporan ini dan dapat menyelesaikan kegiatan PSG / PRAKERIN dengan baik.
              Kegiatan Praktik Kerja Industi (PRAKERIN) ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, memperluas wawasan dan mendapatkan pemahaman yang baik serta dapat membandingkan ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan ilmu kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
              Para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat mengetahui dan memahami tentang situasi perusahaan, melihat dan mengamati kegiatan sehari-hari yang dilakukan karyawan di perusahaan.
              Dengan selesainya laporan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan membimbing dalam kegiatan Pendidikan Sistim Ganda (PSG) atau kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)  di perusahaan, antara lain :
1.             Drs. Bambang Suprijanto, MM selaku Kepala Sekolah SMK Kemala                                                                             Bhayangkari 1 Jakarta.
2.             Ibu Maya Chrysanti, selaku Pimpinan Perusahaan PT. KAWASAKI   MOTOR INDONESIA yang telah memberi ijin untuk mengadakan PRAKERIN.
3.             H. Sugiarto, B.Sc, selaku Wakil Kepala Sekolah SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
4.             Herdi Irmansyah, selaku HRD Perusahaan PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA, yang telah membantu dan membimbing dalam melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
5.             Lambok Sianipar, selaku pembimbing di perusahaan PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA.
6.             Harno. SPd, MM selaku pembimbing di SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
7.             Mastur Apriyanto, S.Pd, selaku Wali Kelas XI. TO.1
1




8.             Bapak dan Ibu Guru SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
9.             Orang tua penulis yang telah memberikan motivasi dan dukungan kepada penulis.
10.         Para karyawan maupun staf PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA yang telah membantu dan membimbing dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistim Ganda (PSG).

              Akhir kata dari penulis, semoga laporan yang dibuat ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lainnya, dan bagi penulis menjadi bekal untuk di masa yang akan datang. 


                                 Jakarta, 14 Januari 2013


                                                                                                        

                                                                                                                                          Penulis









2






DAFTAR ISI                         
Halaman
Halaman Judul..............................................................................................        i
Lembar Pengesahan Sekolah......................................................................      ii
Lembar Pengesahan Perusahaan...............................................................        iii
Kata Pengantar.............................................................................................      1
Daftar Isi......................................................................................................            3
BAB I    PENDAHULUAN
A.     Pendidikan Sistim Ganda........................................................... 4
B.     Dunia Usaha atau Dunia Industri...............................................  4
C.    Syarat Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.................................. 5
D.    Tujuan dan Manfaat PSG/PRAKERIN.......................................  5
E.     Sejarah Perusahaan..................................................................   7
F.     Keselamatan Kerja....................................................................      11
G.    Metode Pengambilan Data........................................................  12   
BAB II   URAIAN MATERI PRAKERIN
A.   Uraian Pekerjaan Selama PRAKERIN.......................................    13
B.   Company Profile.........................................................................        21
C.   Gambar Motor di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA............  22

BAB III   PENUTUP
A.   Kesimpulan................................................................................         23
B.   Saran......................................................................................... 23
C.   Kesan-kesan.............................................................................          24
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN


3




BAB 1
PENDAHULUAN

A.   Pendidikan Sistim Ganda
Pendidikan Sistim Ganda / Praktik Kerja Industri (PSG/PRAKERIN) adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kejuruan khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memadukan kegiatan pembelajaran disekolah dan kegiatan belajar melalui bekerja langsung pada bidang serta suasana yang sesungguhnya dan relevan di lapangan kerja (DU/DI/Instansi).
Atau dengan kata lain Pendidikan Sistim Ganda / Praktik Kerja Industri (PSG/PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pelatihan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan praktik langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.


B.    Dunia Usaha atau Dunia Industri
Praktek kerja lapangan adalah salah satu bentuk sistematis dan sinkron antara program pendidikan disekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
            Disamping dunia usaha, praktek kerja lapangan dapat memberikan keuntungan dalam pelaksanaan itu sendiri, yaitu sekolah,  karena keahlian yang tidak diajarkan disekolah bisa di dapat di dunia usaha, sehingga dengan adanya praktek kerja lapangan dapat meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan menengah kejuruan.
            Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), untuk jurusan Tekhnik Otomotif dapat dilaksanakan pada sebuah perusahaan-perusahaan yang ada sangkutannya dengan mesin kendaraan roda empat dan roda dua, serta bengkel-bengkel kecil yang usahanya sukses dan layak untuk dijadikan tempat pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).






4


C.      Syarat Ujian Nasional Dan Ujian Sekolah
            Pembuatan laporan ini bertujuan sebagai bukti yang otentik yang akan di pertanggung jawabkan  kepada pihak sekolah untuk memenuhi syarat Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, dan pihak perusahaan bahwa siswa benar-benar mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA.



D.        Tujuan Dan Manfaat PSG/PRAKERIN
1.     Tujuan PSG/PRAKERIN
Pendidikan Sistem PSG/PRAKERIN bertujuan untuk :
a.    Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.    Memperkokoh “Link and Match” (keterkaitan dan kesepadanan) antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Dunia Usaha/Dunia Industri.
c.    Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas.
d.    Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
e.    Memberikan pembelajaraan yang nyata kepada peserta didik untuk memotivasi dan dasar pengembangan setelah tamat.

2.      Manfaat PSG/PRAKERIN BAGI DU/DI
Kerjasama antar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Dunia Usaha/Dunia Industri Pemerintah dapat dikembangkan dengan prinsip saling membantu, saling mengisi dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama.

Berdasarkan prinsip ini pelaksanaan praktik akan memberikan manfaat dan nilai bagi pihak-pihak yang bekerjasama antara lain:
a.    Institusi Pasangan (DU/DI) dapat mengenal persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di DU/DI.


5




Apabila DU/DI menilai baik dan layak bisa menjadi asset dan dapat direkrut menjadi karyawan, walaupun tidak dapat dilepaskan karena tidak ada keharusan untuk mempekerjakan peserta didik setelah tamat.
b.    Pada umumnya peserta didik telah ikut aktif dalam proses produksi, sehingga pada batas-batas tertentu selama praktik, peserta didik adalah tenaga kerja yang dapat memberikan keuntungan.
c.    Selama proses pendidikan melalui bekerja langsung peserta didik mudah dibina dalam kedisiplinan, kepatuhan, sikap dan perilaku sesuai dengan ciri khusus dan tuntutan DU/DI.
d.    Memberikan kepuasan tersendiri DU/DI yang menjadi institusi pasangan karena memperoleh pengakuan dalam rangka ikut mencerdaskan anak bangsa sebagai asset dimasa yang akan datang melalui PSG/PRAKERIN.


























6




E.   Sejarah Perusahaan
Description: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQctzuYHsY2NcqSxlwNqnYIZWVaOeMBsS0f5RaEDm1peO9eeq3IxEaPOQDescription: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTEoK6NzFkWJ5KaM8NAaWy_iEmEgMlRu6XmHxvGlr5VMn5PhwVM4OgmEzE0
SEJARAH MOTOR KAWASAKI
Kawasaki memang dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotif, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881 Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker.
Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi engine motor.
Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada sat yang bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri tidak bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai “Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki dan dianggap sebagai “King of Four Stroke”. Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc rocker-valve yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinder. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat oleh Meguro dan pantaslah dianggap sebagai senior karena tahun itu sudah berat-berat buatannya.


7






Di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles.
PT Kawasaki Motor Indonesia didirikan pada tanggal 18 Februari  1994 sebagai perusahaan joint venture antara Kawasaki Heavy Industries, Ltd. – Jepang dengan salah satu perusahaan di Indonesia yaitu PT Sumber Selatan Nusa. Bisnis perusahaan bergerak dibidang kendaraan beroda dua dengan merek Kawasasaki. Produksi pertama dimulai pada Maret 1995.diikuti dengan penjualan unit, spare part serta fasilitas servis . PT Kawasaki Motor Indonesia yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading, Jakarta Utara memiliki dua kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi komponen motor. Kapasitas produksi menghasilkan 200.000 unit pertahunnya. Unit bisnis: industry otomotif, perakitan sepeda motor termasuk komponennya.
Dengan mengacu pada filosofi “MARCHING ON TO UNLIMITED IMPROVEMENT” semangat juang dan kerjasama yang kokoh antara manajemen, pekerja, dan serikat buruh, PT Kawasaki Motor Indonesia  berencana untuk menjadi perusahaan terbaik dalam kualitas, produktivitas, dan disiplin. Untuk meraih target-target tersebut, beberapa upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan sebagai berikut:
a.  Mengaplikasikan system produksi Kawasaki yang didasari oleh konsep “Just in time” dengan melakukan pengendalian visual  untuk meminimalisir pekerjaan yang tidak bermanfaat dan mengatur persediaan barang dengan
b.  mengikuti faham 5S (Seiri/Arrangemen, Seiton/Order,Seiso/Clean, Seiketsu/Cleanliness, Shitsuke/Dicipline).
c.   Prosedur standar operasi digunakan dalam proses komponen, sparepart motor dan trial, hal ini bertujuan agar memudahkan dalam maintaining.

System ON THE JOB TRAINING dengan menempatkan para pekerja secara periodic ke KHI Japan yang bertujuan untuk menggarap skill/kemampuan para pekerja agar menjadi lebih baik lagi.

5S
Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia maupun di dunia yang telah menerapkan konsep-konsep manajemen dengan pendekatan baru untuk meningkatkan daya saingnya, misalnya dengan Just in Time (JIT), Total Quality Management (TQM), International Standard Organization (ISO),  dan lain sebagainya.
Semua konsep diatas tentunya mempunyai tujuan yang baik dan dipilih sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan.


8





Oleh karena itu, perlu adanya penanaman konsep perubahan budaya sebelum menerapkan konsep-konsep tersebut diatas, yaitu 5 “S”.Pendekatan ini memang dikembangkan di Jepang dan merupakan salah satu kunci sukses untuk mentransformasi sebuah perusahaan menajdi perusahaan kelas dunia.
Mulai pada pertengahan tahun 2008 yang lalu PT. Kawasaki Motor Indonesia mulai memperkenalkan konsep 5 “S”  kepada seluruh karyawan/ti-nya dengan dibentuknya sebuah komite khusus yang bertugas untuk memperkenalkannya melalui pelatihan, membuat rencana implementasi dan pengembangannya, mengawasi pelaksanaannya, melakukan audit atau penilaian terhadap masing-masing bagian, dan memberikan masukan & melaporkan hasil kerjanya kepada manajemen.
Apa itu 5 “S”?
  • 5 S” adalah proses perubahan sikap
  • 5 S” adalah membiasakan diri bekerja dengan standar
  • 5 S” adalah huruf awal dari lima kata bahasa jepang; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.
  • 5 S” adalah konsep yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
  • 5 S” adalah konsep yang sangat mendasar atau ‘back to basic’.

 Apa itu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke?
  • SEIRI: “RINGKAS”, pisahkan yang perlu dan tidak perlu dan singkirkan yang tidak diperlukan
  • SEITON : “RAPI”, atur sesuai kebutuhan untuk memudahkan control visual.
  • SEISO: “RESIK”, bersihkan tempat kerja dan pastikan bahwa pekerjaan “membersihkan” merupakan suatu kebiasaan.
  • SEIKETSU: pastikan 3 “S” diatas dijalankan dan buat standar yang jelas
  • SHITSUKE: taat menjalankan 5 “S” terus menerus dan selalu melakukan perbaikan.


9





Manajemen PT. Kawasaki Motor Indonesia mempunyai obyektif agar 5 “S” ini menjadi budaya kerja dilingkungan perusahaan dan sangat berharap rekan-rekan Main Dealer di seluruh Indonesia bisa menerapkan juga budaya ini mulai dari induk perusahaannya sampai dengan outlet atau shop yang paling kecil.
MISSION

“Pada awal tahun 2009 President Director, Mr. Shigeyo Ikemoto, dengan tegas mencanangkan Company’s Codes of Conduct atau Tata Laksana Kerja Perusahaan sebagai bagian dari misi PT. Kawasaki Motor Indonesia. Ada enam hal penting disini yang manajemen merasa, bahwa hal - hal tersebut harus disampaikan kepada seluruh Main Dealer, sebagai keluarga besar Kawasaki, agar semua mempunyai misi yang sama dalam bekerja. Mari kita berubah!”
1.         Open mind – Selalu berpandangan luas. Berpikir dan bertindak untuk jangka panjang, dengan cara pandang yang global.
2.         Challenge – Hadapi segala tantangan yang sulit sekalipun secara langsung. Mempunyai cita-cita yang tinggi dan tidak pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru secara positif.
3.         Dedication – Selalu berbuat atas dasar aspirasi dan tujuan. Bekerja menuju kesuksesan dengan mendedikasikan diri terhadap pekerjaan secarapenuh.
4.         Integrity– Raih kepercayaan dari rekan kerja dan lingkungan sekitar melalui etika kerja yang tinggi dan dengan menjadikan diri kita sebagai panutan.
5.         Profesional – Selalu memperbaiki diri. Bekerja dengan keinginan yang kuat untuk maju atas dasa ke-profesionalitas-an.
6.         Team work – Menjadi bagian dari “Team Kawasaki”. Berbagi dengan perasaan bangga dan senang untuk sebuah pekerjaan yang telah  diselesaikan dengan sangat baik. 











10





F.    Keselamatan Kerja

       Keselamatan kerja adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan agar proses kerja atau kegiatan produksi terhindar dari bahaya, kecelakaan ataupun kerusakan baik pada benda kerja, alat-alat ataupun pada manusianya. Dalam hal ini perusahaan harus berusaha untuk mencegah terjadinya bahaya tersebut atau menanggulangi bahaya yang telah ada sehingga keselamatan dapat terus terjaga.
             
       Pada PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA keselamatan kerja merupakan salah satu hal yang diutamakan dan terpelihara, sebab dengan keselamatan tersebut PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA dapat tetap berjalan dengan lancar dan terus maju dalam usahanya sehingga semakin terus berkembang.
             
       Agar hal tersebut dapat terwujud, maka PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA memberikan perlengkapan keselamatan kerja, yaitu :
1.    Safety Shoes
Terbuat dari kulit dan diujung sepatunya terbuat dari baja berfungsi untuk melindungi kaki dari benda-benda yang jatuh mengenai kaki dan juga dari benda tajam
2.  Topi Kerja
Topi ini berfungsi untuk melindungi kepala atau rambut.
3.  Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari permukaan benda yang tajam dan juga agar permukaan telapak tangan tidak licin waktu memegang peralatan kerja.
4.    Masker
Masker berfungsi untuk melindungi mulut dan hidung dari gas-gas yang berbahaya,dan dari serpihan-serpihan besi.
5.    Kacamata
Kacamata berfungsi melindungi mata dari percikan api dan debu yang ada di pabrik.








11





G.   Metode Pengambilan Data
       
        Metode adalah suatu cara yang digunakan oleh penyusun untuk memperoleh informasi data yang diperlukan dalam penyusunan laporan,hal ini penyusun menggunakan metodepengumpulan data sebagai berikut :
  • Metode Observasi Langsung, yaitu suatu cara langkah yang terstruktur terarah, dan seninjau atau memperhatikan suatu objek tertentu secara langsung.
  • Metode Tanya Jawab, yaitu suatu cara pengambilan data dengan melalui wawancara langsung terhadap seseorang data pribadi yang bersangkutan.
  • Metode Literatur, yaitu suatu cara pengambilan data dengan cara mencari data-data dari sumber buku .
  • Metode Praktik, yaitu suatu cara pengambilan data dengan cara terjun langsung ke lapangan dengan arahan pembimbing praktek kerja industri dan mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh pembimbing
























12




Lampiran - Lampiran


Jurnal kegiatan Selama PRAKERIN

Bulan November :

Kamis, 01 November 2012
·  Pengarahan
·  Pengambilan seragam PRAKERIN
·  Penempatan Bagian
·  Perkenalan kepada karyawan
·  Perkenalan kepada karyawan yang akan membimbing

Jum’at, 02 November 2012
·       Senam pagi
·       Pengarahan Pagi
·       Mengambi barang 11001-0132 Head-Cylinder
·       Mengambil barang 11005-1855 Cylinder-Engine
·       Mengambil barang 11009-1941 Gasker, Red Valve
Senin, 05 November 2012
·       Senam pagi
·       Pengarahan pagi
·       Mempersiapkan alat kerja
·       Mengambil barang 11010-1636 Filter-Assy-Air
·       Mengambil barang 11010-0040 Filter-Assy-Air
Selasa, 06 November 2012
·       Senam pagi
·       Pengarahan pagi
·       Mengambil barang 11009-2526 Gasket,Fuel Cup
·       Mengambil barang 11012-1699 Cap,Fork Top

Rabu, 07 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan pagi
·      Mengambil barang 11012-1720 Cap,Swing Arm Bracket
·      Mengambil barang 11012-1860 Cap,Chain Adjuster
       Kamis, 08 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan pagi
·      Mengambil barang 11012-1861 Cap,Steering Stem
·      Mengambil barang 11012-1933 Cap

Juma’at, 09 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan pagi
·      Mengambil barang 11013-0009 Element-Air-Filter
·      Mengambil barang 11013-1212 Element-Air-Filter

       Senin,12 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan pagi
·      Mengambil barang 11004-0075 Gasket-Head
·      Mengambil barang 11008-0210 Head-Comp-Cylinder

Selasa, 13 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan pagi
·      Mengambil barang 11009-1344 Gasket,8.2x14x1.0
·      Mengambil barang 11010-0213 Filter-Assy-Air
·      Mengambil barang 11012-1788 Cap,Steering Stem

Rabu, 14 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan pagi
·      Mengambil barang 11054-1681 Bracket,Electric Device
·      Mengambil barang 11054-1690 Bracket,Head Lamp
·      Mengambil barang 11055-0506 Bracket,Ignition Coil

Kamis, 15 November 2012
·      Senam pagi
·      Pegarahan pagi
·      Mengambil barang 11055-1493 Bracket,License Plate
·      Mengambil barang 11056-0604 Bracket,Helmet Lock

Jum’at, 16 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 11060-1753 Gasket,Intake Pipe
·      Beres-beres lokasi atas
·      Beres-beres lokasi bawah

       Senin, 19 November 2012
·         Senam pagi
·         Pengarahan
·         Mempersiapkan alat-alat kerja
·         Mengambil barang dilokasi atas

       Selasa, 20 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 11061-0183 Gasket,Exhaust Pipe
·      Mengambil barang 11061-0256 Gasket,Cylinder Base
·      Mengambil barang 11061-0257 Gasket,Generator Cover

       Rabu, 21 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 11061-0265 Gasket,Drain Plug
·      Mengambil barang 11061-0426 Gasket,Clutch Cover
·      Mengambil barang dilokasi luar

       Kamis, 22 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang dilokasi luar
·      Mengambil barang untuk export ke Malaysia



       Jum’at, 23 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 11065-1177 Cap,Valve Adjusting
·      Membereskan barang-barang dilokasi

       Senin, 26 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mempersiapkan alat-alat kerja
·      Mengambil barang 112BA0520 Bolt-Upset,5x21
·      Mengambil barang 12004-1158 Valve-Intake

       Selasa, 27 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 12005-1331 Valve-Exhaust
·      Mengantarkan crankcase ke lokasi percetakan nomor mesin

       Rabu, 28 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 12009-1073 Retainer-Valve Spring
·      Mengambil barang 12011-1053 Collet
·      Mengambil barang 12016-0001 Arm-Rocker

       Kamis, 29 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang export ke Singapore

      


       Jum’at, 30 November 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Membereskan  lokasi atas
·      Membereskan lokasi bawah

Bulan Desember :
       Senin, 3 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mempersiapkan alat-alat kerja
·      Membereskan barang dilokasi luar
·      Mengambil barang 12020-0010 Shaft-Rocker

       Selasa, 4 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang export ke Singapore

       Rabu, 5 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 12046-1206 Sprocket,Cam Chain,36T
·      Mengambil barang 12048-1164 Tensioner-Assy
·      Mengembalikan kesalahan barang ke lokasi atas

       Kamis, 6 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang dilokasi luar
·      Mengambil barang 12053-0177 Guide-Chain
·      Mengambil barang 12053-1397 Guide-Chain,loose




       Jum’at, 7 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 120CA0612 Bolt-Socket,6x12
·      Membereskan barang dilokasi atas

       Senin, 10 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Menyiapkan alat-alat kerja
·      Membereskan barang dilokasi atas
·      Membereskan barang dilokasi bawah

       Selasa, 11 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 13001-0130 Piston-Engine
·      Mengembalikan kesalahan barang ke lokasi

       Rabu, 12 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Membantu pekerjaan Leader
·      Membantu pekerjaan karyawan lain

       Kamis, 13 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang export

      



       Jum’at 14 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 13002-0031 Pin-Piston
·      Membereskan alat-alat kerja
·      Membereskan barang dilokasi

       Senin, 17 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Menyiapkan alat-alat kerja
·      Mengembalikan barang yang salah ke lokasi atas
·      Mengambil barang 13031-0011 Crankshaft-Comp,LH

       Selasa, 18 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang export
·      Mengambil barang 13037-0128 Crankshaft,RH

       Rabu, 19 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Membantu pekerjaan Leader
·      Mengembalikan kesalahan barang ke lokasi
·      Mengambil barang 13064-0055 Lever-Assy-Kick

       Kamis, 20 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Mengambil barang 13034-0010 Bearing-Big End,KT263314EGC06




       Jum’at, 21 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Membereskan barang-barang disemua lokasi

       Senin, 24 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Membereskan barang-barang dilokasi untuk mempersiapkan Stock Taking

       Rabu, 26 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Membereskan barang disemua lokasi

       Kamis, 27 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
·      Melakukan Stock Taking (menyiapkan dan menghitung barang sesuai nomor )

       Jum’at, 28 Desember 2012
·      Senam pagi
·      Pengarahan
melakukan Stock Taking (menghitung barang sesuai barang yang sudah dihitung pada hari kamis)
·      Menempelkan nomor barang yang sudah dihitung / di Stock Taking







  1. Company Profile


Company Name:
PT. Kawasaki  Motor Indonesia

Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566
Established Date:
February 18th, 1994

Start Commercial Production :
March 23th,  1995

Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories

Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd.       83%
PT. Sumber Selatan Nusa                17%

Board of Directors:
President Director         Y. Tanigawa
Director                         Janto Boedihardjo
Director                         Mitsuhiko Okada

Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank

Employees:
821 persons of April 2009





21




C.Description: http://i95.photobucket.com/albums/l149/r_triatmono/Kawasaki/Kawasaki_LOGO_Letthe.jpgGambar Motor di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA
Description: C:\Users\soplo\Downloads\images.jpgDescription: C:\Users\soplo\Downloads\index.jpg
Description: C:\Users\soplo\Downloads\qwa.jpgDescription: C:\Users\soplo\Downloads\qwqs.jpg

Description: C:\Users\soplo\Downloads\qwe.jpgDescription: C:\Users\soplo\Downloads\qw.jpg
Description: C:\Users\soplo\Downloads\dd.jpgDescription: C:\Users\soplo\Downloads\zz.jpg

22





BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Dalam rangka memenuhi syarat UN, penulis melaksanakan PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA di bagian Part Sales selama dua bulan, maka ada beberapa hal yang diperoleh dan dipelajari yaitu :
-     Para karyawan melaksanakan tugasnya dengan loyalitas yang tinggi dan kompak, sehingga siklus pekerjaan teratur dan sasaran yang dicapai jelas dan terarah serta displin dalam bekerja.
-     Peserta PRAKERIN dapat mengetahui bagaimana Dunia usaha / Dunia Industri,sehingga dapat melaksanakan displin disekolah dan dimanapun karena sudah merasakan/mengetahui bagaimana disiplin didalam Dunia Usaha/ Dunia Industri.
-     Sebelum melakukan pekerjaan, para karyawan diwajibkan mematuhi standar keselamatan kerja untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.
-     Peserta PRAKERIN dapat meningkatkan ketrampilan sesuai dibidang Otomotif


  1. Saran

Setelah penulis melaksanakan PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA, penulis dapat melihat dan mengamati secara langsung tentang keadaan di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA yang dalam masa sekarang ini terus berkembang.
Dan apabila diperkenankan penulis akan memberikan saran-saran yang mungkin dapat digunakan sebagai pertimbangan baik oleh PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah seperti yang tercantum dibawah ini,antara lain :

·      Saran bagi PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA : agar selalu meningkatkan kualitas produknya, selalu menjaga dan meningkatkan prestasi serta kedisiplinan demi tercapainya suatu tujuan bersama, menjaga hubungan baik antar sesama karyawan sehingga kegiatan usaha akan lebih baik dan lancar.

23




·      Saran bagi Sekolah : supaya dapat meningkatkan mutu dan kualitas dengan cara melengkapi sarana-prasarana. Sehingga Siswa cukup bekal dalam melaksanakan PSG/PRAKERIN dan juga lulusan dari SMK bisa siap kerja dengan mutu dan kualitas yang baik.


  1. Kesan – Kesan

Selama kami melaksanakan PSG/PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA, kami mendapatkan banyak sekali ilmu uyang bermanfaat bagi masa depan kami yang belum dipelajari di sekolah. Kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena kami telah diberi kesempatan untuk mendapatkan PSG/PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA.





















24





DAFTAR PUSTAKA


1.    Triatmono Rudi,1967. Sejarah perusahaan PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA.from
2.    www.goggle.com , sejarah PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA, Jakarta, 2011.
3.    www.google.com , gambar motor kawasaki, jakarta, 2012.
4.    www.google.com , metode pengambilan data, jakarta, 2011.
5.    Sopro,Maulana,M, Laporan Pendidikan Sisitem Ganda (PSG), jakarta, 2006.
6.    www.kawasaki-motor.co.id , Sistem Kerja PT KMI, jakarta, 2012.
7.    www.kawasaki-motor.co.id , keselamatan dan kesehatan kerja, jakarta, 2012.
8.    www.kawasaki-motor.co.id , nama barang spare parts, jakarta, 2012.
9.    Tim Penulis SMK KEMALA BHAYANGKARI 1, Buku Panduan PSG/PRAKERIN, Jakarta, 2012.






















25



 


LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.  Foto Copy Daftar Absensi  PSG/PRAKERIN
2.  Foto Copy Company Profile
3.  Foto Copy Jurnal Kegiatan Selama PSG/PRAKERIN
































26




COMPANY PROFILE

Company Name:
PT. Kawasaki  Motor Indonesia

Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566
Established Date:
February 18th, 1994

Start Commercial Production :
March 23th,  1995

Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories

Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd.       83%
PT. Sumber Selatan Nusa                17%

Board of Directors:
President Director         Y. Tanigawa
Director                         Janto Boedihardjo
Director                         Mitsuhiko Okada

Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank

Employees:
821 persons of April 2009







DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Nama                   : Jamaludin
TTL                       : Jakarta, 02 Februari 1996
NIS                       : 13736
Alamat                 : Jl. I Gusti Ngurah Rai Rt.002 Rw.05 No.25 Cipinang Muara,
                              Jatinegara, Jakarta Timur 13420
Agama                 : Islam
Telephone           : (021) 85903439 / 089673025686
Pendidikan           :   
          1. Tahun 2001 -  2002          : TK BUDI DHARMA
          2. Tahun 2002 – 2008         : SDN 012 Pagi Jakarta
          3. Tahun 2008 – 2011         : SMPN 25 Jakarta
          4. Tahun 2011 – sekarang  : SMK KEMALA BHAYANGKARI 1 Jakarta



                                                                                                                                    Penulis


                                                                                                                                ( Jamaludin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar