Perbandingan Transmisi Manual Dan Transmisi Automatic
Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang menjadi penghantar
energi dari mesin ke diferensial dan as. Dengan memutar as, roda dapat berputar
dan menggerakkan kendaraan. Transmisi diperlukan karena mesin pembakaran yang
umumnya digunakan dalam kendaraan merupakan mesin pembakaran internal yang
menghasilkan putaran (rotasi) antara 600 sampai 6000 rpm. Sedangkan, roda
berputar pada kecepatan rotasi antara 0 sampai 2500 rpm. Sekarang ini, terdapat
dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.
Terdapat juga sistem-sistem transmisi yang merupakan gabungan antara kedua
sistem tersebut, namun ini merupakan perkembangan terakhir yang baru dapat
ditemukan pada mobil-mobil berteknologi tinggi dan merek-merek tertentu saja.
Transmisi manual merupakan salah satu jenis transmisi yang
banyak dipergunakan dengan alasan perawatan yang lebih mudah. Untuk itu
penulis mencoba untuk membandingkan antara transmisi manual dan transmisi
automatis agar pembaca lebih memahami perbedaannya.
1. Transmisi Manual
Transmisi manual adalah komponen mesin yang
berfungsi untuk merubah kecepatan dan tenaga putar dari mesin ke roda, sehingga
dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Seperti telah kita ketahui bahwa
transmisi terdiri atas beberapa tingkat kecepatan, salah satunya adalah sepeda
motor atau mobil dengan 4 kecepatan. Bahkan ada juga yang lebih dari 4
kecepatan, bahkan ada yang 5 sampai 6 kecepatan. Tujuan perubahan tingkat
kecepatan ini adalah untuk menghasilkan tenaga dan untuk merubah laju kecepatan
kendaraan. Seperti telah anda ketahui bahwa dalam pengendaraan mobil dan motor
setiap tingkat kecepatan memiliki fungsi yang berbda dalam pengendaraannya.
Untuk start awal kita selalu menggunakan percepatan 1 atau gigi 1, lalu kita
rubah kecepatannya secara bertahap sesuai dengan situasi dan kebutuhan dalam
pengendaraan.
Kecepatan tinggi
Prinsip kecepatan tinggi atau
menaikkan kecepatan adalah gigi besar memutarkan gigi kecil. Pada gambar gigi
yang besar memiliki 60 mata gigi dan gigi yang kecil memiliki 30 mata gigi.
Gigi yang besar disini memegang peranan sebagai pemutar dan gigi yang kecil
sebagai gigi yang diputar. Jika gigi yang besar berputar 600 kali, maka gigi
yang kecil akan berputar 1200 kali. Untuk penaikkan kecepatan dari 600 kali
menjadi 1200 kali yaitu dengan cara perhitungan:
Putaran yang dihasilkan = (putaran
gigi pemutar x jumlah mata gigi pemutar) : jumlah mata
gigi
diputar
=
(600 x 60) : 30
= 36000 : 30
= 1200
Kecepatan lambat
Prinsip kerja kecepatan lambat
adalah gigi kecil memutar gigi yang besar. Pada gambar gigi yangkecil memiliki
jumlah gigi sebanyak 20 mata, sementara gigi yang besar memiliki jumlah mata
gigi sebanyak 80 mata gigi. Gigi kecil memegang peranan sebagai pemutar dan
gigi yang besar sebagai gigi yang diputar. Jika gigi kecil berputar 100 kali,
maka gigi yang besar akan berputar 25 kali. Untuk terjadi penurunan kecepatan
putaran dari 100 kali menjadi 25 kali yaitu dengan cara perhitungan:
Putaran yang dihasilkan = (putaran
gigi pemutar x jumlah mata gigi pemutar) : jumlah mata
gigi diputar
= (100 x 20) : 80
= 2000 : 80
= 25
Kenapa putaran lambat menghasilkan
tenaga yamg besar?
Perhatikan hasil perhitungan pada
putaran lambat. Putaran awal adalah 100 dan putaran hasil adalah 25 atau bisa
kita sederhanakan menjadi 4 :1. Ketahuilah bahwa putaran mesin ini yang
digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Sementara beban yang akan diangkat
adalah berat penumpang dan berat mobil atau motor. Pada contoh kecepatan lambat
diatas adalah dibutuhkan 4 kali untuk mengangkat 1 kali beban dari kendaraan
tersebut atau kita bisa ilustrasikan bahwa beban itu dicicil selama 4 kali
untuk 1 kali angkatan beban. Sementara pada contoh kecepatan tinggi 60 kali
putaran awal dan putaran hasilnya 1200 atau bisa kita sederhanakan 1 : 2. Pada
kecepatan tinggi dibutuhkan 1 kali untuk 2 kali angkatan beban. Kalau kita
ilustrasikan: untuk mengangkat 1 karung beras kita membutuhkan 4 kali bolak
balik untuk mengangkatnya secara dicicil sedikit – sedikit, sehingga kita tidak
terlalu capai mengangkatnya. Namun kerja kita menjadi lambat, tapi kita tidak
kepayahan dalam mengerjakannya, karena yang diangkat tidaklah berat. Sementara
pada kecepatan tinggi, kita mengangkat 2 karung beras itu dalam waktu 1 kali
bolak balik untuk mengangkatnya. Memang pekerjaan menjadi lebih cepat, tapi
tenaga yang kita keluarkan sangat besar, sehingga kita mudah kepayahan atau
kelelahan.
Pada mobil atau motor gigi pemutar
dihubungkan dengan as masuk transmisi atau input shaft transmisi, jadi gigi
yang pemutar mendapatkan tenaga putar dari mesin. Sementara gigi yang diputar
mendapat hubungan dengan output atau as keluaran dari transmisi.
Macam – macam transmisi manual :
1. Transmisi
tipe sliding mesh
Transmisi Tipe Sliding Mesh adalah
jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan gigi dengan cara
menggeser langsung roda gigi input dan outputnya. Transmisi jenis ini jarang
digunakan, karna mempunyai kekurangan – kekurangan :
-
Perpindahan gigi tidak dapat dilakukan secara langsung/memerlukan waktu
beberapa saat untuk melakukan
perpindahan gigi
-
Hanya dapat menggunakan salah satu jenis roda gigi
-
Suara yang kasar saat terjadi perpindahan gigi
2. Transmisi
Tipe Constant Mesh
Transmisi Tipe Constant Mesh adalah
jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan giginya memerlukan
bantuan kopling geser agar terjadi perpindahan tenaga dari poros input ke poros
output. Transmisi jenis constant mesh anatar roda gigi input dan output nya
selalu berkaitan, tetapi roda gigi output melalui mekanisme kopling geser.
Transmisi jenis ini memungkinkan untuk menggunakan roda gigi lebih dari satu
jenis.
3. Transmisi
Tipe Sincro Mesh
Transmisi jenis sincromesh dapat
menyamakan putaran antara roda gigi penggerak (input) dan roda gigi yang
digerakkan (output). Kelebihan yang dimiliki transmisi jenis sincromesh yaitu :
- Pemindahan
gigi dapat dilakukan secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama
- Suara
saat terjadi perpindahan gigi halus
- Memungkinkan
menggunakan berbagai jenis roda gigi
Keuntungan dan kerugian transmisi
manual
Keuntungan
|
Kerugian
|
· Akselerasi lebih baik
|
· Membuat kaki cepat
pegal
|
· Teknik engine brake dapat
dilakukan
|
· Susah dikendarai untuk
pemula
|
· Bahan bakar lebih irit
|
· Tidak nyaman daat keadaan
ramai atau macet
|
· Perawatan mobil mudah
|
2. Transmisi Matic
Transmisi Matic adalah transmisi tanpa perpindahan
roda gigi, jadi menggunakan pulley dan belt. Istilah kerennya CVT (Continue
Variable Transmision). CVT adalah suatu sistem penyalur tenaga secara otomatis
dengan bantuan gaya sentrifugal (gaya dorong yang disebabkan oleh putaran).
Cara kerja CVT
Putaran bawah (stationer) diameter
yang dibentuk pulley primer lebih kecil dibanding puley sekunder sehingga
terjadi ratio yang ringan. Saat putaran menengah diameter puley primer
membentuk lingkaran yang sama besar dengan puley sekunder. Hal ini terjadi
karena gaya sentrifugal menyebabkan kedua dinding puley primer semakin sempit.
Proses ini akan terus berlanjut seiring putaran mesin yang semakin meningkat
sehingga saat putaran atas diameter yang dibentuk puley primer lebih besar
daripada puley sekunder.
“drive pulley = pulley yang
terhubung dengan crankshaft (mesinnya)”
“driven pulley = pulley yang
terhubung ke roda motor”
Sebenernya dasar pemikiran CVT
berasal dari sepeda. Pada sistem percepatan sepeda, apabila gear dibagian depan
kecil dan gear yang dibelakang besar, maka sepeda akan berjalan lambat. Seperti
gigi 1 pada kendaraan, begitu juga sebaliknya. Nah, sistem ini lah yang di
adopsi oleh CVT. Namun, bedanya CVT menggunakan sabuk yang sangat kuat dan gear
diganti dengan pulley yang bisa membesar dan mengecil ergantung dengan gaya
sentrifugal yang diterima pulley.
Keuntungan dan Kerugian transmisi
matic
Keuntungan
|
Kerugian
|
· Mudah digunakan
|
· Biaya perawatan mahal
|
· Tidak repot
|
· Boros bahan bakar
|
· Tidak capek
|
· Harga baru yang mahal dan
harga bekas yang rendah
|
· Nyaman digunakan saat
keadaan jalan ramai dan macet
|
· Kebanyakan tidak memiliki
engine brake dan akselerasi kurang
|
SUMBER :
Nama : Jamaludin
NPM : 25414589
Kelas : 3IC08
Tugas Sofskill Bulan 2 Minggu 2
thankyo,sangat berkesan atas artikelnya sangat membantuVisit Us
BalasHapus