TUGAS MAKALAH
PENGANTAR EKONOMI DAN MANAJEMEN 1
NAMA
KELOMPOK : ngaGul
NAMA KETUA
KELOMPOK : Jamaludin
NAMA ANGGOTA
: -
-
-
-
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK MESIN
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami
sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian
banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang
memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga
oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan
tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Pengantar Ekonomi &Manj.1
UNIVERSITAS GUNADARMA.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami
menjumpai hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak, akhirnya kami
dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan
ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada
semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar
datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat
khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Jakarta
, 02 November 2014
Tim
Penyusun
I
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
Halaman
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………… I
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………….. II
BAB I PENDAHULUAN
A. Nama
dan Alamat Perusahaan……………………………………………………….. 1
B.
Nama dan Alamat Pemilik…………………………………………………………….. 1
C.
Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan……………………………………….. 2
BAB II RANGKUMAN EKSEKUTIF
A. Latar
Belakang………………………………………………………………………….. 3
B.
Visi dan Misi……………………………………………………………………………. 3
C.
Lokasi…………………………………………………………………………………… 3
D. Ruangan
/ Tempat yang dibutuhkan…………………………………………………. 4
E.
Waktu Operasional……………………………………………………………………. 4
F.
Konsep Promosi………………………………………………………………………... 4
G. Target
Pelanggan………………………………………………………………………. 4
BAB III ANALISIS INDUSTRI
A.
Prespektif Masa Depan Usaha………………………………………………………... 5
B.
Analisis Persaingan……………………………………………………………………. 5
C.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki…………………………………………….. 5
BAB IV DESKRIPSI USAHA
A. Produk
yang dihasilkan………………………………………………………………… 6
B.
Ruang Lingkup Usaha………………………………………………………………… 6
BAB V RENCANA PRODUKSI
A. Proses
Produksi………………………………………………………………………… 7
BAB VI RENCANA PEMASARAN
A.
Penetapan Harga………………………………………………………………………. 8
B.
Pelaksanaan Distribusi……………………………………………………………….. 8
C.
Strategi Promosi yang akan dilakukan……………………………………………… 8
BAB VII PERENCANAAN ORGANISASI
A. Job
Description…………………………………………………………………………. 9
B.
Latar Belakang Tim Management…………………………………………………… 9
II
BAB VIII RISIKO
A.
Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)……………………………… 10
B.
Gambaran tentang Masa Kini………………………………………………………… 10
BAB IX PERENCANAAN PERMODALAN
A.
Sumber-sumber permodalan………………………………………………………….. 11
B.
Neraca Permulaan Perusahaan……………………………………………………… 11
C.
Proyeksi Aliran Kas……………………………………………………………………. 12
D. Perencanaan
Laba…………………………………………………………………… 13
III
BAB
I
PENDAHULUAN
PROPOSAL USAHA DISTRO
Usaha distro adalah
usaha yang kini sedang berkembang seiring dengan perkembangan dunia fashion
khususnya fashion remaja. Usaha distro merupakan sebuah usaha yang merupakan
singkatan dari Distribution Store atau bisa juga di sebut sebagai
distribution
outlet. Usaha ini sebenarnya hampir
sema dengan usaha distribusi lain namun memiliki ciri khas yaitu sifat
eksekutifnya, produksi tidak dilakukan secara masal sehingga pakaian distro ini
akan memiliki kekhususan tersendiri.
Melihat
pada minat masyarakat terlebih kalangan ramaja atau muda - mudi, Kami tergerak
untuk mencoba menjalankan bisnis distro ini karena di daerah jakarta tepatnya
Di mandala Selatan belum terdapat usaha distro yang memproduksi kaos anak muda
sendiri.
Selain
itu, untuk menunjang pemasaran, kami juga berniat menjalankan usaha distro
online yang akan kami lakukan dengan segmentasi pasar remaja pengguna Internet
di seluruh Indonesia. Melihat prospek cerah usaha distro kami berniat untuk
menjalankan usaha ini sebagai salah satu usaha kecil menengah bidang fashion
dan kami menawarkan peluang kerja sama investasi bagi hasil. Untuk itulah kami
menyususn proposal usaha ini sebagai bahan pertimbangan bagi para investor.
A. NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN
Nama perusahaan
: ngaGul Store
Alamat perusahaan :
Jl. I Gusti Ngurahrai Rt.002/05 No.25 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur
B. NAMA DAN ALAMAT PEMILIK
Nama pemilik
|
:
|
Jamaludin
|
Alamat pemilik
|
:
|
Jl. I Gusti Ngurahrai No.25
Cip.Muara
|
No. Telp
|
0896-7302-5686
|
|
Nama Pengurus
|
:
|
|
1
C. INFORMASI TENTANG BISNIS YANG DILAKSANAKAN
Bisnis atau usaha kami bergerak di
bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta
fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat Balikpapan,
khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang
kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyaimodal usaha. Untuk merencanakan
pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami
melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan
perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis
dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi
masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara
pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.
2
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
A. LATAR BELAKANG
Dengan semakin berkembangnya dan semakin
tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan
kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang
up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Jl. I Gusti Ngurahrai merupakan
kawasan yang tepat dalam membangun sebuah usaha dikarenakan daerah tersebut
merupakan salah satu daerah di Jakarta dengan perputaran uang yang sangat cepat
dengan berbagai usaha di dalamnya, dan kami harapkan nantinya usaha kami ini
akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang akan kami selalu berikan
untuk produk kedepannya.
Usaha Distro ini berdiri atas kerjasama
serta keinginan empat anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama
dalam bidang kwirausahaan, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah
usaha Distro yang dinamakan ngaGul Store yang berdiri di kota Jakarta Timur,
kota yang sedang gencar dalam melaksanakan pembangunan dan dengan tingkat
kesejahtraan warganya yang cukup tinggi serta kesadaran akan berpakaian yang
menarik di setiap warga kotanya.
ngaGul Store didirikan untuk mempelopori
para kaum muda di Jakarta Timur agar dapat mendirikan sebuah usaha yang menarik
dan memiliki sebuah prinsip sehingga dapat berguna dalam perkembangan Negara
maupun kota kita ini kota Jakarta Timur.
B. VISI DAN MISI
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan
memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk
memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang
baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
C. LOKASI
Lokasi yang dipilih merupakan tempat
yang strategis untuk berbisnis di Jl. I Gusti Ngurahrai, lokasi mudah terlihat
dalam hal bisnis sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
3
D. RUANGAN / TEMPAT YANG DIBUTUHKAN
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada
awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit,
yakni 1 ruangan ukuran 10m x 8m.
E. WAKTU OPERASIONAL
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha
distro ini dibuka dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
F. KONSEP PROMOSI
Dengan membuat advertisement secara
on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dan melakukan transaksi
atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis ngaGul Store akan lebih
mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat. Selain itu kami juga akan mengandalkan
penyampaian informasi dari kerabat dan teman kami melalui mulut ke mulut yang
nantinya kami harap usaha kami iniakan lebih bias di kenal lagi.
G. TARGET PELANGGAN
Target pelanggan Distro ini adalah :
anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
4
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
A. PRESPEKTIF MASA DEPAN USAHA
Dengan terciptanya tempat usaha yang
bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang
strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan
akan fashion di kalangan masyarakat muda Jakarta sangat besar.
B. ANALISIS PERSAINGAN
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey
yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami akan dirikan usaha distro ini
masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan konsep suasana yang
nyaman, kekeluargaan, dan lembut seperti kami.
C. SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
ngaGul Store membidik pasar kelas
menengah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada
prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro
ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan
usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan
pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi
rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin
rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan
5
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A. PRODUK YANG DIHASILKAN
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat
akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 5 buah pakaian
dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh
masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk
yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen,
o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya
dengan style yang uptodate
o Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah
luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan,
diantaranya :
o Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o kualitas produk terjamino sesuai dengan selera masyarakat
B. RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini
kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap
maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu
yang terbaik untuk konsumen.
Usaha ngaGul Store terletak di Jl. I
Gusti Ngurahrai No.25 Cip.Muara – Jatinegara -
Jakarta Timur. Distro ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya
sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman
penduduk dan akses transportasi menuju lokasi sangat mudah.
6
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. PROSES PRODUKSI
Proses produksi yang akan kami jalankan.
Kami akan memesan produk produk grosir yang berkualitas dari beberapa kota
penghasil produk fashion seperti Bandung, Surabaya, dan Bali. Tentunya ada
beberapa produk yang akan kami desain sendiri guna menciptakan sebuah karakter
dari usaha kami dan untuk menghindari kesamaan sebuah produk demi kenyamanan
para konsumen kami nantinya.
7
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. PENETAPAN HARGA
Harga yang akan dikenakan adalah harga
yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
6
|
Sepatu
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 150.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 15.000,- s.d Rp. 78.900,-
|
B. PELAKSANAAN DISTRIBUSI
Distribusi yang dilakukan perusahaan
kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual
produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah
dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
C. STRATEGI PROMOSI YANG AKAN DILAKUKAN
Strategi yang akan kami jalankan pada
perusahaan ini antara lain :
•
Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang
akan ditempel tiap bulannya.
•
Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs
jejaring sosial maupun forum.
•
Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate
di distro
8
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
A. JOB DESCRIPTION
¤ Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan
menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
¤ Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan
oleh perusahaan, mencatat data.
¤ Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap
bulannya.
¤ Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai
kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau
cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
¤ Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan
menerapkan prinsip pelayanan prima.
B. LATAR BELAKANG TIM MANAGEMENT
Latar belakang tim management ini
terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat
pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut
profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
9
BAB VIII
RISIKO
A. EVALUASI TENTANG KELEMAHAN USAHA (ANALISIS SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.
Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.
Menjual produk yang berkualitas
|
Weaknes (Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
|
Oportunity (Peluang)
1.
Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat
bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang
akan muncul di kemudian hari.
2. Saat ini dengan belum adanya
perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami
yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang
berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
B. GAMBARAN TENTANG MASA KINI
Resiko yang dihadapi adalah berupa
ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan
semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual pakaian
dengan lebih mudah dan murah ataupun distro yang berskala internasional.Dengan
ini maka lambat laun akansemakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya.
Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan
menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan
masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa
perlu untuk datang ke tempat kami.
10
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
A. SUMBER-SUMBER PERMODALAN
Sebagai sumber modal pada usaha ini
kami, akan kami ajukan ke salah satu Bank dan para Investor melalui proposal
usaha ini yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam mengeluarkan dana
dan berikut penjabaran secara jelas dalam hal permulaan permodalan.
B. NERACA PERMULAAN PERUSAHAAN
a) Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.
Modal
Awal produksi
Penyewaan sebuah ruko tahun pertama
|
Rp. 40.000.000,-
|
|
Kulakan produk grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 12.000.000 ,-
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 652.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
·
Promosi per tahun
Rp.
3.000.000,-
·
Administrasi Rp.
4.500.000,-
·
Pajak
Rp.
2.750.000,-
. Pemeliharaan
gedung dan peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain
Rp. 16.250.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp.
652.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain
Rp.
16.250.000,-
+
Total
Rp.
668.250.000
11
C. PROYEKSI ALIRAN KAS
Untuk distro kami proyeksi keuntungan
kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu
menjual sekitar 900 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan
bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah
bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
12
D. PERENCANAAN LABA RUGI
INVESTASI
|
JUMLAH
(RP)
|
|
Biaya tetap
|
||
1.
Penyusutan gedung dan Penyewaan
|
Rp.
46.000.000,-
|
|
2.
Gaji pegawai tahun pertama
|
Rp.
12.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
58.000.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Kulakan produk grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Biaya-biaya lain
|
||
3. Promosi Per Tahun
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 3.000.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp.
2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp.
10.250.000,-
|
|
TOTAL MODAL
(PENGELUARAN)
|
Rp.
668.250.000,-
|
|
|
|
|
Penjualan aneka pakaian dan
fashion
|
Rp.
910.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp.
910.000.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal /
Pengeluaran
|
Rp. 910.000.000,-
Rp.
668.250.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp.
241.750.000,-
|
13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar