LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA
Diajukan Guna Memenuhi Salah
Satu Syarat Guna Mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir Tahun Ajaran 2012/2013
DISUSUN OLEH :
NAMA :
JAMALUDIN
NO.INDUK : 13736
KELAS :
XI. TO.1
PERIODE : 01 NOVEMBER – 31 DESEMBER 2012
YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI
PENGURUS CABANG BS BARESKRIM
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KEMALA
BHAYANGKARI 1
JAKARTA
STATUS : AKREDITASI “A”
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
ISO 9001 : 2008
Jl. Raya Bekasi Timur, Cipinang, Jakarta Timur
13240, Telp. (021) 4753578
E-Mail : smk kb1@plasa.com
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Telah diperiksa dan disetujui pada
tanggal.........................................
BIDANG HUBIN WALI KELAS
( Harno, S.Pd, MM ) ( Mastur Apriyanto,S.Pd )
Mengetahui
Kepala SMK Kemala Bhayangkari
1
Drs. H. Bambang Suprijanto,
MM
NIP. 19520805 198602-1 001
ii
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN
Telah diperiksa dan disetujui pada
tanggal.......................
KOORDINATOR PEMBIMBING
PSG/PRAKERIN PSG/PRAKERIN
( Herdi Irmansyah ) (
Lambok Sianipar )
Pimpinan Perusahaan
PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA
(
.............................................................. )
iii
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya, serta bimbingan yang diberikan sehingga
penulis dapat membuat laporan ini dan dapat menyelesaikan kegiatan PSG / PRAKERIN dengan baik.
Kegiatan Praktik Kerja Industi (PRAKERIN) ini
bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, memperluas wawasan dan mendapatkan
pemahaman yang baik serta dapat membandingkan ilmu yang diperoleh dari sekolah
dengan ilmu kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
Para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) dapat
mengetahui dan memahami tentang situasi perusahaan, melihat dan mengamati
kegiatan sehari-hari yang dilakukan karyawan di perusahaan.
Dengan selesainya laporan ini,
penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan
membimbing dalam kegiatan Pendidikan Sistim Ganda (PSG) atau kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di perusahaan, antara lain :
1.
Drs. Bambang
Suprijanto, MM selaku Kepala Sekolah SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
2.
Ibu Maya Chrysanti,
selaku Pimpinan Perusahaan PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA yang telah memberi ijin untuk
mengadakan PRAKERIN.
3.
H. Sugiarto, B.Sc,
selaku Wakil Kepala Sekolah SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
4.
Herdi Irmansyah,
selaku HRD Perusahaan PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA, yang telah membantu dan
membimbing dalam melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
5.
Lambok Sianipar,
selaku pembimbing di perusahaan PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA.
6.
Harno. SPd, MM selaku
pembimbing di SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
7.
Mastur Apriyanto,
S.Pd, selaku Wali Kelas XI. TO.1
1
8.
Bapak dan Ibu Guru
SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta.
9.
Orang tua penulis
yang telah memberikan motivasi dan dukungan kepada penulis.
10.
Para karyawan maupun
staf PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA yang telah membantu dan membimbing dalam
melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistim Ganda (PSG).
Akhir kata dari penulis, semoga
laporan yang dibuat ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK)
lainnya, dan bagi penulis menjadi bekal untuk di masa yang akan datang.
Jakarta, 14
Januari 2013
Penulis
2
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman
Judul.............................................................................................. i
Lembar Pengesahan
Sekolah...................................................................... ii
Lembar Pengesahan
Perusahaan............................................................... iii
Kata
Pengantar............................................................................................. 1
Daftar
Isi...................................................................................................... 3
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pendidikan Sistim Ganda........................................................... 4
B. Dunia Usaha atau Dunia
Industri............................................... 4
C. Syarat Ujian Nasional dan Ujian
Sekolah.................................. 5
D. Tujuan dan Manfaat
PSG/PRAKERIN....................................... 5
E. Sejarah
Perusahaan.................................................................. 7
F. Keselamatan Kerja.................................................................... 11
G. Metode Pengambilan Data........................................................ 12
BAB II
URAIAN MATERI PRAKERIN
A. Uraian Pekerjaan Selama PRAKERIN....................................... 13
B. Company
Profile......................................................................... 21
C. Gambar Motor di PT KAWASAKI MOTOR
INDONESIA............ 22
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................ 23
B. Saran.........................................................................................
23
C. Kesan-kesan............................................................................. 24
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
3
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Pendidikan Sistim Ganda
Pendidikan Sistim Ganda / Praktik Kerja
Industri (PSG/PRAKERIN) adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan dan
pelatihan kejuruan khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang
memadukan kegiatan pembelajaran disekolah dan kegiatan belajar melalui bekerja
langsung pada bidang serta suasana yang sesungguhnya dan relevan di lapangan
kerja (DU/DI/Instansi).
Atau dengan kata lain Pendidikan Sistim Ganda
/ Praktik Kerja Industri (PSG/PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan
pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron
antara program pendidikan di sekolah dan program pelatihan keahlian yang
diperoleh melalui kegiatan praktik langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai
tingkat keahlian profesional tertentu.
B. Dunia
Usaha atau Dunia Industri
Praktek kerja lapangan adalah salah satu
bentuk sistematis dan sinkron antara program pendidikan disekolah dengan
program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara
langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Disamping
dunia usaha, praktek kerja lapangan dapat memberikan keuntungan dalam
pelaksanaan itu sendiri, yaitu sekolah,
karena keahlian yang tidak diajarkan disekolah bisa di dapat di dunia
usaha, sehingga dengan adanya praktek kerja lapangan dapat meningkatkan mutu
dan relevansi pendidikan menengah kejuruan.
Dalam
melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), untuk jurusan Tekhnik Otomotif
dapat dilaksanakan pada sebuah perusahaan-perusahaan yang ada sangkutannya
dengan mesin kendaraan roda empat dan roda dua, serta bengkel-bengkel kecil
yang usahanya sukses dan layak untuk dijadikan tempat pelaksanaan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN).
4
C. Syarat
Ujian Nasional Dan Ujian Sekolah
Pembuatan laporan ini bertujuan sebagai bukti
yang otentik yang akan di pertanggung jawabkan
kepada pihak sekolah untuk memenuhi syarat Ujian Nasional dan Ujian
Sekolah, dan pihak perusahaan bahwa siswa benar-benar mengikuti Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) di PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA.
D.
Tujuan
Dan Manfaat PSG/PRAKERIN
1. Tujuan PSG/PRAKERIN
Pendidikan Sistem PSG/PRAKERIN bertujuan untuk
:
a. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki
keahlian profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, ketrampilan,
dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b. Memperkokoh “Link and Match” (keterkaitan dan
kesepadanan) antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Dunia Usaha/Dunia
Industri.
c. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan
pelatihan yang berkualitas.
d. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
e. Memberikan pembelajaraan yang nyata kepada
peserta didik untuk memotivasi dan dasar pengembangan setelah tamat.
2. Manfaat
PSG/PRAKERIN BAGI DU/DI
Kerjasama antar Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) dengan Dunia Usaha/Dunia Industri Pemerintah dapat dikembangkan dengan
prinsip saling membantu, saling mengisi dan saling melengkapi untuk keuntungan
bersama.
Berdasarkan prinsip ini pelaksanaan praktik
akan memberikan manfaat dan nilai bagi pihak-pihak yang bekerjasama antara lain:
a. Institusi Pasangan (DU/DI) dapat mengenal
persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di DU/DI.
5
Apabila DU/DI menilai baik dan layak bisa menjadi
asset dan dapat direkrut menjadi karyawan, walaupun tidak dapat dilepaskan
karena tidak ada keharusan untuk mempekerjakan peserta didik setelah tamat.
b. Pada umumnya peserta didik telah ikut aktif
dalam proses produksi, sehingga pada batas-batas tertentu selama praktik,
peserta didik adalah tenaga kerja yang dapat memberikan keuntungan.
c. Selama proses pendidikan melalui bekerja
langsung peserta didik mudah dibina dalam kedisiplinan, kepatuhan, sikap dan
perilaku sesuai dengan ciri khusus dan tuntutan DU/DI.
d. Memberikan kepuasan tersendiri DU/DI yang
menjadi institusi pasangan karena memperoleh pengakuan dalam rangka ikut
mencerdaskan anak bangsa sebagai asset dimasa yang akan datang melalui
PSG/PRAKERIN.
6
E. Sejarah Perusahaan
SEJARAH MOTOR KAWASAKI
Kawasaki memang dikenal sebagai perusahaan
pembuat kapal, lokomotif, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki
mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881
Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun
1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp.
Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker.
Setelah perang Dunia II, pihak
Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel
Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor
dengan memproduksi engine motor.
Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc
dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah
mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954,
Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada sat yang
bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat
untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan
Mitshubishi Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri tidak
bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai
“Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki dan dianggap sebagai “King of
Four Stroke”. Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan
mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak
terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc
rocker-valve yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini cukup
sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu, Meguro juga
memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance
twin cylinder. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat oleh Meguro dan
pantaslah dianggap sebagai senior karena tahun itu sudah berat-berat buatannya.
7
Di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh
Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles.
PT Kawasaki Motor Indonesia
didirikan pada tanggal 18 Februari 1994 sebagai perusahaan joint venture
antara Kawasaki Heavy Industries, Ltd. – Jepang dengan salah satu perusahaan di
Indonesia yaitu PT Sumber Selatan Nusa. Bisnis perusahaan bergerak dibidang
kendaraan beroda dua dengan merek Kawasasaki. Produksi pertama dimulai pada
Maret 1995.diikuti dengan penjualan unit, spare part serta fasilitas servis .
PT Kawasaki Motor Indonesia yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan Kelapa
Gading, Jakarta Utara memiliki dua kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi
komponen motor. Kapasitas produksi menghasilkan 200.000 unit pertahunnya. Unit
bisnis: industry otomotif, perakitan sepeda motor termasuk komponennya.
Dengan mengacu pada filosofi
“MARCHING ON TO UNLIMITED IMPROVEMENT” semangat juang dan kerjasama yang kokoh
antara manajemen, pekerja, dan serikat buruh, PT Kawasaki Motor Indonesia
berencana untuk menjadi perusahaan terbaik dalam kualitas, produktivitas, dan
disiplin. Untuk meraih target-target tersebut, beberapa upaya yang harus
dilakukan secara berkesinambungan sebagai berikut:
a. Mengaplikasikan system produksi
Kawasaki yang didasari oleh konsep “Just in time” dengan melakukan pengendalian
visual untuk meminimalisir pekerjaan yang tidak bermanfaat dan mengatur
persediaan barang dengan
b. mengikuti faham 5S (Seiri/Arrangemen,
Seiton/Order,Seiso/Clean, Seiketsu/Cleanliness, Shitsuke/Dicipline).
c. Prosedur standar operasi digunakan
dalam proses komponen, sparepart motor dan trial, hal ini bertujuan agar
memudahkan dalam maintaining.
System ON THE JOB TRAINING dengan menempatkan para
pekerja secara periodic ke KHI Japan yang bertujuan untuk menggarap
skill/kemampuan para pekerja agar menjadi lebih baik lagi.
5S
Banyak perusahaan-perusahaan di
Indonesia maupun di dunia yang telah menerapkan konsep-konsep manajemen dengan
pendekatan baru untuk meningkatkan daya saingnya, misalnya dengan Just in Time
(JIT), Total Quality Management (TQM), International Standard Organization
(ISO), dan lain sebagainya.
Semua konsep diatas tentunya
mempunyai tujuan yang baik dan dipilih sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan
oleh perusahaan yang bersangkutan.
8
Oleh karena itu, perlu adanya
penanaman konsep perubahan budaya sebelum menerapkan konsep-konsep tersebut
diatas, yaitu 5 “S”.Pendekatan ini memang dikembangkan di Jepang dan merupakan
salah satu kunci sukses untuk mentransformasi sebuah perusahaan menajdi
perusahaan kelas dunia.
Mulai pada pertengahan tahun 2008
yang lalu PT. Kawasaki Motor Indonesia mulai memperkenalkan konsep 5 “S”
kepada seluruh karyawan/ti-nya dengan dibentuknya sebuah komite khusus yang
bertugas untuk memperkenalkannya melalui pelatihan, membuat rencana
implementasi dan pengembangannya, mengawasi pelaksanaannya, melakukan audit
atau penilaian terhadap masing-masing bagian, dan memberikan masukan &
melaporkan hasil kerjanya kepada manajemen.
Apa itu 5 “S”?
- 5 S” adalah proses perubahan sikap
- 5 S” adalah membiasakan diri bekerja dengan standar
- 5 S” adalah huruf awal dari lima kata bahasa jepang; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.
- 5 S” adalah konsep yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
- 5 S” adalah konsep yang sangat mendasar atau ‘back to basic’.
Apa itu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke?
- SEIRI: “RINGKAS”, pisahkan yang perlu dan tidak perlu dan singkirkan yang tidak diperlukan
- SEITON : “RAPI”, atur sesuai kebutuhan untuk memudahkan control visual.
- SEISO: “RESIK”, bersihkan tempat kerja dan pastikan bahwa pekerjaan “membersihkan” merupakan suatu kebiasaan.
- SEIKETSU: pastikan 3 “S” diatas dijalankan dan buat standar yang jelas
- SHITSUKE: taat menjalankan 5 “S” terus menerus dan selalu melakukan perbaikan.
9
Manajemen PT. Kawasaki Motor
Indonesia mempunyai obyektif agar 5 “S” ini menjadi budaya kerja dilingkungan
perusahaan dan sangat berharap rekan-rekan Main Dealer di seluruh Indonesia bisa
menerapkan juga budaya ini mulai dari induk perusahaannya sampai dengan outlet
atau shop yang paling kecil.
MISSION
“Pada awal tahun 2009 President Director, Mr. Shigeyo Ikemoto, dengan tegas mencanangkan Company’s Codes of Conduct atau Tata Laksana Kerja Perusahaan sebagai bagian dari misi PT. Kawasaki Motor Indonesia. Ada enam hal penting disini yang manajemen merasa, bahwa hal - hal tersebut harus disampaikan kepada seluruh Main Dealer, sebagai keluarga besar Kawasaki, agar semua mempunyai misi yang sama dalam bekerja. Mari kita berubah!”
“Pada awal tahun 2009 President Director, Mr. Shigeyo Ikemoto, dengan tegas mencanangkan Company’s Codes of Conduct atau Tata Laksana Kerja Perusahaan sebagai bagian dari misi PT. Kawasaki Motor Indonesia. Ada enam hal penting disini yang manajemen merasa, bahwa hal - hal tersebut harus disampaikan kepada seluruh Main Dealer, sebagai keluarga besar Kawasaki, agar semua mempunyai misi yang sama dalam bekerja. Mari kita berubah!”
1.
Open mind – Selalu berpandangan luas. Berpikir dan
bertindak untuk jangka panjang, dengan cara pandang yang global.
2.
Challenge – Hadapi segala tantangan yang sulit
sekalipun secara langsung. Mempunyai cita-cita yang tinggi dan tidak pernah
takut untuk mencoba sesuatu yang baru secara positif.
3.
Dedication – Selalu berbuat atas dasar aspirasi dan
tujuan. Bekerja menuju kesuksesan dengan mendedikasikan diri terhadap pekerjaan
secarapenuh.
4.
Integrity– Raih kepercayaan dari rekan kerja dan
lingkungan sekitar melalui etika kerja yang tinggi dan dengan menjadikan diri
kita sebagai panutan.
5.
Profesional – Selalu memperbaiki diri. Bekerja dengan keinginan yang kuat untuk maju atas dasa ke-profesionalitas-an.
6.
Team work – Menjadi bagian dari “Team Kawasaki”.
Berbagi dengan perasaan bangga dan senang untuk sebuah pekerjaan yang
telah diselesaikan dengan sangat baik.
10
F. Keselamatan Kerja
Keselamatan kerja adalah usaha yang dilakukan
oleh perusahaan agar proses kerja atau kegiatan produksi terhindar dari bahaya,
kecelakaan ataupun kerusakan baik pada benda kerja, alat-alat ataupun pada
manusianya. Dalam hal ini perusahaan harus berusaha untuk mencegah terjadinya
bahaya tersebut atau menanggulangi bahaya yang telah ada sehingga keselamatan
dapat terus terjaga.
Pada
PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA keselamatan kerja merupakan salah satu hal yang
diutamakan dan terpelihara, sebab dengan keselamatan tersebut PT. KAWASAKI MOTOR
INDONESIA dapat tetap berjalan dengan lancar dan terus maju dalam usahanya
sehingga semakin terus berkembang.
Agar
hal tersebut dapat terwujud, maka PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA memberikan
perlengkapan keselamatan kerja, yaitu :
1. Safety Shoes
Terbuat dari kulit dan diujung sepatunya
terbuat dari baja berfungsi untuk melindungi kaki dari benda-benda yang jatuh
mengenai kaki dan juga dari benda tajam
2. Topi Kerja
Topi ini berfungsi untuk melindungi kepala
atau rambut.
3. Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi
tangan dari permukaan benda yang tajam dan juga agar permukaan telapak tangan
tidak licin waktu memegang peralatan kerja.
4. Masker
Masker berfungsi untuk melindungi mulut dan
hidung dari gas-gas yang berbahaya,dan dari serpihan-serpihan besi.
5. Kacamata
Kacamata berfungsi melindungi mata dari
percikan api dan debu yang ada di pabrik.
11
G. Metode Pengambilan Data
Metode
adalah suatu cara yang digunakan oleh penyusun untuk memperoleh informasi data
yang diperlukan dalam penyusunan laporan,hal ini penyusun menggunakan
metodepengumpulan data sebagai berikut :
- Metode Observasi Langsung, yaitu suatu cara langkah yang terstruktur terarah, dan seninjau atau memperhatikan suatu objek tertentu secara langsung.
- Metode Tanya Jawab, yaitu suatu cara pengambilan data dengan melalui wawancara langsung terhadap seseorang data pribadi yang bersangkutan.
- Metode Literatur, yaitu suatu cara pengambilan data dengan cara mencari data-data dari sumber buku .
- Metode Praktik, yaitu suatu cara pengambilan data dengan cara terjun langsung ke lapangan dengan arahan pembimbing praktek kerja industri dan mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh pembimbing
12
Lampiran - Lampiran
Jurnal kegiatan Selama PRAKERIN
Bulan November :
Kamis, 01 November 2012
· Pengarahan
· Pengambilan seragam PRAKERIN
· Penempatan Bagian
· Perkenalan kepada karyawan
· Perkenalan kepada karyawan yang akan
membimbing
Jum’at, 02 November 2012
·
Senam pagi
·
Pengarahan Pagi
·
Mengambi barang 11001-0132 Head-Cylinder
·
Mengambil barang 11005-1855 Cylinder-Engine
·
Mengambil barang 11009-1941 Gasker, Red Valve
Senin, 05 November 2012
·
Senam pagi
·
Pengarahan pagi
·
Mempersiapkan alat kerja
·
Mengambil barang 11010-1636 Filter-Assy-Air
·
Mengambil barang 11010-0040 Filter-Assy-Air
Selasa, 06 November 2012
· Senam
pagi
· Pengarahan pagi
· Mengambil barang 11009-2526 Gasket,Fuel Cup
· Mengambil barang 11012-1699 Cap,Fork Top
Rabu, 07 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11012-1720 Cap,Swing Arm Bracket
·
Mengambil
barang 11012-1860 Cap,Chain Adjuster
Kamis,
08 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11012-1861 Cap,Steering Stem
·
Mengambil
barang 11012-1933 Cap
Juma’at, 09 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11013-0009 Element-Air-Filter
·
Mengambil
barang 11013-1212 Element-Air-Filter
Senin,12
November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11004-0075 Gasket-Head
·
Mengambil
barang 11008-0210 Head-Comp-Cylinder
Selasa, 13 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11009-1344 Gasket,8.2x14x1.0
·
Mengambil
barang 11010-0213 Filter-Assy-Air
·
Mengambil
barang 11012-1788 Cap,Steering Stem
Rabu, 14 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11054-1681 Bracket,Electric Device
·
Mengambil
barang 11054-1690 Bracket,Head Lamp
·
Mengambil
barang 11055-0506 Bracket,Ignition Coil
Kamis, 15 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pegarahan
pagi
·
Mengambil
barang 11055-1493 Bracket,License Plate
·
Mengambil
barang 11056-0604 Bracket,Helmet Lock
Jum’at, 16 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 11060-1753 Gasket,Intake Pipe
· Beres-beres lokasi atas
· Beres-beres lokasi bawah
Senin,
19 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mempersiapkan
alat-alat kerja
·
Mengambil
barang dilokasi atas
Selasa,
20 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mengambil
barang 11061-0183 Gasket,Exhaust Pipe
·
Mengambil
barang 11061-0256 Gasket,Cylinder Base
·
Mengambil
barang 11061-0257 Gasket,Generator Cover
Rabu,
21 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 11061-0265 Gasket,Drain Plug
· Mengambil barang 11061-0426 Gasket,Clutch
Cover
· Mengambil barang dilokasi luar
Kamis,
22 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mengambil
barang dilokasi luar
·
Mengambil
barang untuk export ke Malaysia
Jum’at,
23 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 11065-1177 Cap,Valve
Adjusting
· Membereskan barang-barang dilokasi
Senin,
26 November 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mempersiapkan
alat-alat kerja
·
Mengambil
barang 112BA0520 Bolt-Upset,5x21
·
Mengambil
barang 12004-1158 Valve-Intake
Selasa,
27 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 12005-1331 Valve-Exhaust
· Mengantarkan crankcase ke lokasi percetakan
nomor mesin
Rabu,
28 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 12009-1073 Retainer-Valve
Spring
· Mengambil barang 12011-1053 Collet
· Mengambil barang 12016-0001 Arm-Rocker
Kamis,
29 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang export ke Singapore
Jum’at,
30 November 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Membereskan
lokasi atas
· Membereskan lokasi bawah
Bulan Desember :
Senin,
3 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mempersiapkan
alat-alat kerja
·
Membereskan
barang dilokasi luar
·
Mengambil
barang 12020-0010 Shaft-Rocker
Selasa,
4 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mengambil
barang export ke Singapore
Rabu,
5 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 12046-1206 Sprocket,Cam
Chain,36T
· Mengambil barang 12048-1164 Tensioner-Assy
· Mengembalikan kesalahan barang ke lokasi atas
Kamis,
6 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mengambil
barang dilokasi luar
·
Mengambil
barang 12053-0177 Guide-Chain
·
Mengambil
barang 12053-1397 Guide-Chain,loose
Jum’at,
7 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Mengambil
barang 120CA0612 Bolt-Socket,6x12
·
Membereskan
barang dilokasi atas
Senin,
10 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Menyiapkan alat-alat kerja
· Membereskan barang dilokasi atas
· Membereskan barang dilokasi bawah
Selasa,
11 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 13001-0130 Piston-Engine
· Mengembalikan kesalahan barang ke lokasi
Rabu,
12 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Membantu pekerjaan Leader
· Membantu pekerjaan karyawan lain
Kamis,
13 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang export
Jum’at
14 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 13002-0031 Pin-Piston
· Membereskan alat-alat kerja
· Membereskan barang dilokasi
Senin,
17 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Menyiapkan alat-alat kerja
· Mengembalikan barang yang salah ke lokasi atas
· Mengambil barang 13031-0011 Crankshaft-Comp,LH
Selasa,
18 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang export
· Mengambil barang 13037-0128 Crankshaft,RH
Rabu,
19 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Membantu pekerjaan Leader
· Mengembalikan kesalahan barang ke lokasi
· Mengambil barang 13064-0055 Lever-Assy-Kick
Kamis,
20 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Mengambil barang 13034-0010 Bearing-Big
End,KT263314EGC06
Jum’at,
21 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Membereskan barang-barang disemua lokasi
Senin,
24 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Membereskan
barang-barang dilokasi untuk mempersiapkan Stock Taking
Rabu,
26 Desember 2012
· Senam pagi
· Pengarahan
· Membereskan barang disemua lokasi
Kamis,
27 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
·
Melakukan
Stock Taking (menyiapkan dan menghitung barang sesuai nomor )
Jum’at,
28 Desember 2012
·
Senam
pagi
·
Pengarahan
melakukan Stock Taking (menghitung barang
sesuai barang yang sudah dihitung pada hari kamis)
·
Menempelkan
nomor barang yang sudah dihitung / di Stock Taking
- Company Profile
Company Name:
PT. Kawasaki Motor Indonesia
Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566
PT. Kawasaki Motor Indonesia
Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566
Established Date:
February 18th, 1994
Start Commercial Production :
March 23th, 1995
Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories
Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd. 83%
PT. Sumber Selatan Nusa 17%
Board of Directors:
President Director Y. Tanigawa
Director Janto Boedihardjo
Director Mitsuhiko Okada
Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank
February 18th, 1994
Start Commercial Production :
March 23th, 1995
Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories
Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd. 83%
PT. Sumber Selatan Nusa 17%
Board of Directors:
President Director Y. Tanigawa
Director Janto Boedihardjo
Director Mitsuhiko Okada
Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank
Employees:
821 persons of April 2009
821 persons of April 2009
21
C.Gambar Motor di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA
22
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Dalam rangka memenuhi syarat UN, penulis melaksanakan PRAKERIN di PT
KAWASAKI MOTOR INDONESIA di bagian Part Sales selama dua bulan, maka ada
beberapa hal yang diperoleh dan dipelajari yaitu :
- Para karyawan
melaksanakan tugasnya dengan loyalitas yang tinggi dan kompak, sehingga siklus
pekerjaan teratur dan sasaran yang dicapai jelas dan terarah serta displin
dalam bekerja.
- Peserta PRAKERIN dapat
mengetahui bagaimana Dunia usaha / Dunia Industri,sehingga dapat melaksanakan
displin disekolah dan dimanapun karena sudah merasakan/mengetahui bagaimana
disiplin didalam Dunia Usaha/ Dunia Industri.
- Sebelum melakukan
pekerjaan, para karyawan diwajibkan mematuhi standar keselamatan kerja untuk
melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.
- Peserta PRAKERIN dapat
meningkatkan ketrampilan sesuai dibidang Otomotif
- Saran
Setelah penulis melaksanakan PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA,
penulis dapat melihat dan mengamati secara langsung tentang keadaan di PT
KAWASAKI MOTOR INDONESIA yang dalam masa sekarang ini terus berkembang.
Dan apabila diperkenankan penulis akan memberikan saran-saran yang mungkin
dapat digunakan sebagai pertimbangan baik oleh PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA.
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah seperti yang tercantum dibawah
ini,antara lain :
·
Saran bagi PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA : agar selalu
meningkatkan kualitas produknya, selalu menjaga dan meningkatkan prestasi serta
kedisiplinan demi tercapainya suatu tujuan bersama, menjaga hubungan baik antar
sesama karyawan sehingga kegiatan usaha akan lebih baik dan lancar.
23
·
Saran bagi Sekolah : supaya dapat
meningkatkan mutu dan kualitas dengan cara melengkapi sarana-prasarana.
Sehingga Siswa cukup bekal dalam melaksanakan PSG/PRAKERIN dan juga lulusan
dari SMK bisa siap kerja dengan mutu dan kualitas yang baik.
- Kesan – Kesan
Selama kami melaksanakan PSG/PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA, kami
mendapatkan banyak sekali ilmu uyang bermanfaat bagi masa depan kami yang belum
dipelajari di sekolah. Kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang
sebesar-besarnya karena kami telah diberi kesempatan untuk mendapatkan
PSG/PRAKERIN di PT KAWASAKI MOTOR INDONESIA.
24
DAFTAR PUSTAKA
1. Triatmono Rudi,1967. Sejarah perusahaan PT
KAWASAKI MOTOR INDONESIA.from
5. Sopro,Maulana,M, Laporan Pendidikan Sisitem
Ganda (PSG), jakarta, 2006.
9. Tim Penulis SMK KEMALA BHAYANGKARI 1, Buku
Panduan PSG/PRAKERIN, Jakarta, 2012.
25
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Foto Copy Daftar Absensi PSG/PRAKERIN
2. Foto Copy Company Profile
3. Foto Copy Jurnal Kegiatan Selama PSG/PRAKERIN
26
COMPANY PROFILE
Company Name:
PT. Kawasaki Motor Indonesia
Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566
PT. Kawasaki Motor Indonesia
Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566
Established Date:
February 18th, 1994
Start Commercial Production :
March 23th, 1995
Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories
Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd. 83%
PT. Sumber Selatan Nusa 17%
Board of Directors:
President Director Y. Tanigawa
Director Janto Boedihardjo
Director Mitsuhiko Okada
Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank
February 18th, 1994
Start Commercial Production :
March 23th, 1995
Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories
Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd. 83%
PT. Sumber Selatan Nusa 17%
Board of Directors:
President Director Y. Tanigawa
Director Janto Boedihardjo
Director Mitsuhiko Okada
Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank
Employees:
821 persons of April 2009
821 persons of April 2009
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : Jamaludin
TTL :
Jakarta, 02 Februari 1996
NIS : 13736
Alamat : Jl. I Gusti Ngurah Rai Rt.002
Rw.05 No.25 Cipinang Muara,
Jatinegara, Jakarta Timur 13420
Agama : Islam
Telephone : (021) 85903439 / 089673025686
Pendidikan :
1.
Tahun 2001 - 2002 :
TK BUDI DHARMA
2. Tahun 2002 – 2008 : SDN 012 Pagi Jakarta
3. Tahun 2008 – 2011 : SMPN 25 Jakarta
4. Tahun 2011 – sekarang : SMK KEMALA BHAYANGKARI 1 Jakarta
Penulis
( Jamaludin )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar